May 19, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Bakrie Mulai Melebarkan Sayapnya di Dunia Kesehatan

2 min read

Bakrie mulai melebarkan sayapnya di dunia kesehatan. Baru-baru ini bakrie group mengumumkan bahwa Bakrie Centre Foundation (BCF) telah menjadi bagian dari Global Health Consortium Center (GHSC) dan the Business (B20) Indonesia. Seperti dilansir berita Indonesia dari dieselpunks.

Bergabungnya BCF dalam menajdi mitra partenariat dari GHSC dan B20 Indonesia adalah bentuk Kerjasama dalam bidang kesehatan. Tujuannya untuk memperkuat kepimpinan Indonesia dalam bidang kesehatan dan global atau biasa dikenal dengan istilah global health legacy.

Anindya Bakrie selaku CEO dari BCF menyatakan bahwa Tindakan ini adalah sebuah aksi nyata untuk mendorong reformasi global di bidang kesehatan, khususnya dalam menghadapi pandemic ini.

Kerjasama ini akan menitikberatkan pada tiga faktor utama yaitu:

  1. Monitoring dan deteksi awal (early monitoring and early detection)
  2. Kerjasama kemitraan riset dan dan invenstasi sains untuk negara-negara global north dan global south
  3. Memperluas akses vaksinasi untuk menekan laju pandemic di Indonesia dan dunia secara umum.

Bakrie Group sendiri melihat Kerjasama ini adalah sebagai aksi konkrit BCF untuk ikut andil dalam program pemerintah menuntaskan laju pandemic di Indonesia. Hal ini merupakan cerminan Tindakan yang bersifat kolaboratif dan inklusif untuk memerang wabah yang terjadi sekarang ini.

Global Health Consortium Center (GHSC) yang dipimpin oleh Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair membawahi 3 lembaga besar yang bergerak di bidang kesehatan global.

Seiring dengan berkembang Kerja sama antara BCF dan GHSC, Kerja sama ini akan dibawa dalam KTT G20 mendatang yang akan diadakan di Jakarta. Kerja sama antara BCF dan GHSC akan mentitikberatkan pada pembentukan kerangka usulan-usulan pada kebijakan-kebijakan peningkatan rangka kesehatan dunia.

Presiden Indonesia sendiri, Joko Widodo, telah menyatakan bahwa forum kerja sama multilateral G20 mempunyai peranan penting dalam pembangunan arsitektur kesehatan. Menurut Anindya, untuk menindak lanjuti dari pernyataan Presiden tersebut BCF dan GHSC akan terus meningkatkan kerja sama dalam bidang pengembang, penelitan serta investasi teknologi dalam bidang kesehatan. Kolaborasi yang baik ini akan membantu untuk keluar dari polemik pandemic yang sedang kita hadapi.