Bebas Langu dan Pahit, Inilah Cara Mengolah Lobak dengan Benar

Lobak pada dasarnya memang bukan termasuk dalam jenis sayuran yang populer bagi masyarakat Indonesia. Sangat jarang hidangan yang mengandalkan umbi satu ini. Meskipun demikian memang ada beberapa jenis hidangan yang memang tetap mengandalkan lobak sebagai bahan baku utama dalam pembuatannya. Diantaranya adalah dengan mengandalkan lobak putih, namun dalam pengolahannya sendiri memang tidak boleh sembarangan jika seandainya menginginkan cita rasa yang nikmat.

Jenis-Jenis Lobak

Sebelumnya patut untuk diketahui bahwa lobak ini sendiri memang cukup banyak jenisnya, yaitu:

  1. Lobak putih, ini adalah jenis yang paling umum dan mudah dijumpai di Indonesia. Ciri khasnya memang memiliki umbi berwarna putih, biasa dijadikan sebagai bahan campuran untuk salad, sop dan sejenisnya.
  2. Lobak merah, sesuai dengan namanya warna kulit luar lobak ini memang merah, kaya akan kandungan serat juga karbohidrat didalamnya.
  3. Lobak hijau, memiliki warna hijau karena memang kandungan klorofil yang ada didalamnya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lain. Bahkan ia juga memiliki efek untuk memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik yang biasanya dihasilkan ketika makanan dipanggang terlalu lama.
  4. Lobak ungu, lobak jenis yang satu ini memiliki rasa cenderung pedas dan aroma lembut. Ada banyak khasiat dalam lobak ini, termasuk diantaranya adalah dapat mengobati sakit kuning.
  5. Lobak hitam, salah satu keunikan dari lobak hitam ini adalah ia dapat dimakan dalam kondisi masih mentah sebagai acar, rasanya sendiri juga cenderung lebih tajam.

Tips Memilih Lobak

Agar mendapatkan yang terbaik, maka ketahui bagaimana tips dalam memilih lobak yang benar, yaitu:

  1. Usahakan memilih lobak yang masih muda, karena semakin tua usianya, maka dari segi rasa juga tergolong lebih pahit.
  2. Memilih lobak putih yang warnanya cerah, hindari memilih yang warnanya kusam atau kekuningan, karena hal tersebut menandakan bahwa lobak tersebut sudah tak lagi segar.
  3. Raba permukaannya untuk melihat tekstur, usahakan memilih yang masih mulus.

Tips Mengolah Lobak Anti Pahit Dan Juga Langu

Mengolah lobak yang benar juga ada caranya sehingga terbebas dari pahit maupun langu, yaitu:

  1. Pastikan untuk mengolah lobak yang masih muda, karena memang tidak dapat dipungkiri lobak tua memiliki cita rasa yang tergolong pahit.
  2. Cuci dengan menggunakan air mengalir hingga benar-benar bersih. Hal ini penting dilakukan agar lobak Anda tidak terasa seperti tanah.
  3. Buanglah bagian pangkalnya, potong lobak tersebut menjadi beberapa bagian, setelah itu Anda bisa langsung mengupas seluruh kulitnya.
  4. Rendamlah potongan lobak tersebut dalam air garam, air garam ini akan menghilangkan rasa langu pada lobak dan juga membantu untuk memberikan seasoning agar nantinya hidangan lebih nikmat.
  5. Rebuslah lobak tersebut dengan menggunakan teknik blanching, yaitu diangkat sebelum layu, tujuannya hanyalah untuk menghilangkan getah yang masih menempel pada lobak. Karena getah ini dapat membuat cita rasanya menjadi pahit.
  6. Olah dengan memakai bumbu yang pekat, memang sangat disarankan dalam mengolah lobak, maka Anda menggunakan bumbu yang pekat dengan tujuan membuat cita rasanya jadi semakin nikmat.

Beli sayur semacam lobak ini sekarang juga bisa online, yaitu tersedia di TaniHub. Segala jenis kebutuhan dapur bisa Anda beli di TaniHub. Tak perlu khawatir belanja online barang akan rusak di jalan, apalagi sekarang jangkauan dari TaniHub sudah jauh lebih luas. Sistem pengiriman yang cepat juga menjamin barang Anda sampai ke rumah dalam kondisi segar.