May 19, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Cara Mengajarkan Tata Cara Pelaksanaan Dan Bacaan Niat Sholat Dhuha Kepada Anak

2 min read

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Taubat serta Doa yang Benar

Sebagai orangtua yang baik sudah seharusnya kita mengajarkan hal – hal baik pada anak termasuk ilmu agama. Meskipun saat masuk ke sekolah anak akan diberikan pelajarin mengenai agama tetapi ada baiknya kita sebagai orangtua mengajarkan hal tersebut juga sejak kecil. Selain mengajarkan anak tentang ilmu agama sebagai orangtua juga kita harus memberikan contoh agar anak lebih memahaminya.

Misalnya kita mengajarkan kepada anak tentang pentingnya melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Selain memberi tahu ilmunya, sebagai orangtua juga kita harus mencotohkan tentang pelaksanaan sholat wajib tersebut. Tidak berhenti sampai disitu saja, jika anda sudah mengajarkan kepada anak tentang ibadah wajib maka selanjutnya anda juga masih harus mengajarkan anak tentang ibadah sunnah.

Ibadah sunnah sendiri banyak yang bisa dilakukan, namun salah satu ibadah sunnah yang memiliki pahala besar dan paling mudah diajarkan kepada anak adalah ibadah sholat sunnah duha. Alasana mengapa ibadah sholat dhuha mudah diajarkan karena pelaksanaanya yang mirip dengan sholat wajib dan juga waktu pelaksanaanya ada di jam yang bisa dilakukan oleh anak yakni di pagi hari.

Lalu untuk mengajarkan tentang sholat dhuha pada anak ini hal apa saja yang haru kita beri tahukan? Sebagai orangtua kita bisa mengajarkan mulai dari tata cara, bacaan niat sholat dhuha, dan juga bacaan doa setelah pelaksanaan sholat dhuha sebagai berikut:

  1. Waktu pelaksanaan dan jumlah rakaat

Waktu pelaksanaak sholat dhuha ini bisa dilaksanakan mulai dari jam 7 sampai jam 11 siang. Sedangkan untuk jumlah rakaat dari sholat dhuha ini minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dan dilakukan dengan 2 rakaat dalam satu kali sholat.

  1. Bacaan niat sholat dhuha

Sebelum memulai sholat dhuha ajarkan pada anak untuk membaca niat sholat dhuha berikut ini:

“Ushalli Sunnatan-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Artinya : “Aku niat sholat sunah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.”

  1. Tata cara pelaksanaan sholat dhuha
  • Rakaat pertama diawali dengan mengucap takbir, membaca doa iftitah, kemudian membca al-fatihah, dan dilanjutkan membaca surat pendek tetapi dianjurkan membaca surat Asy-Syam atau Al-Lail. Dilanjut dengan rukuk, lalu iktidal, dan melakukan sujud, bangun dan duduk diantara dua sujud, kemudian sujud kembali.
  • Setelah rakaat pertama selesai dilajutkan rakaat kedua seperti urutan diatas hanya saja tanpa membaca iftitah kembali. Kemudian diakhiri dengan tasyahud akhir dan membaca salam dua kali.
  1. Bacaan setelah sholat dhuha

Setelah melaksanakan sholat dhuha jangan lupa ajarkan pada anak untuk membacakan doa berikut ini:

“Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”