May 19, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Kunci Penting Dibalik Keberhasilan Nestle, Creating Shared Value!

2 min read
Kunci Penting Dibalik Keberhasilan Nestle, Creating Shared Value!

Sejak tahun 1867 sampai saat ini nestle akhirnya menjadi salah satu perusahaan consumer goods terbesar di dunia. Nestle sendiri merupakan sebuah organisasi yang berbentuk joint venture. Dengan bentuk joint venture tersebut nestle sukses mengimplementasikan konsep shared value yang mempunyai sebutan program creating shared value (CSV). CSV nestle merupakan sebuah implementasi dari prinsip – prinsip nestle sendiri sehingga ketika menjalankan CSV seperti menjalankan impian dari nestle.

Creating shared value, sebuah inspirasi bagi anda

CSV bagi nestle sendiri mempunyai tiga sector yakni sector gizi, pembangunan desa dan sumber daya manusia. Dimana dalam kesehariannya ketiga sector tersebut melibatkan berbagai stakeholder mulai dari komunitas, karyawan serta konsumen. Secara fundamental sebuah komunikasi menjadi hal yang sangat essential untuk sebuah perusahaan dengan konsumennya.

Csv sendiri untuk nestle sudah dilakukan sejak tahun 2008 yang selanjutnya nilai – nilai perusahaan tersebut dikomuniasikan dengan berbagai cara. CSV nestle ini sendiri merupakan sebuah konsep strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perencanaan strategi perusahaan. Salah satu kunci keberhasilan dari nestle adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan konsumennya.

Konsep dari csv nestle

Konsep yang paling utama yang dijalankan oleh nestle dalam memahami sebuah keputusan dari konsumen adalah sebuah teori keterlibata. Keputusan untuk membeli dari seorang konsumen sebenernya dapat ditentukan oleh banyak factor, salah satu faktornya adalah pilihan brand. Komunikasi pemasaran mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Terdapat banyak sekali model komunikasi yang dapat menjelaskan fenomena dari proses komunikasi tersebut.

Dalam prakteknya, untuk memahami bagaimana kinerja dari creating shared value dari nestle dengan konsumen ini menggunakan model Berlo’s model. Berlo’s model mempunyai model komunikasi yang melbih menekankan bahwa sebuah komunikasi merupakan sebuah proses. Selain itu juga menekankan sebuah ide bahwa meaning are in the people dalam artian bahwa pesan yang di kirimkan pada orang yang menerima pesan tersebut.

Marketing dari CSV nestle ini sendiri juga sangatlah bagus. Opinion leader dan opinion former menjadi sebuah peran yang sangat penting. Hal ini berkaitan dengan innovator dan adaptor awal bagi sebuah produk ataupun sebuah ide. Seorang adkins menyebutkan bahwa terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan yakni ekspektasi dari konsumen terhadap perusahaan, menambahkan value bersama dan memperhatikan lingkungan sekitar.

Oleh karena itulah dalan melakukan sebuah bisnis nestle sangatlah hati – hati dalam menuangkan setiap prosesnya. Dia tidak hanya sekedar membuat dan menjual produk akan tetapi juga menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen bahkan juga telah memprakarsai aneka gerakan sosial guna menjalin komunikasi yang baik dan hebat dengan konsumen ataupun founder lainnya.