January 28, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Manfaat Melakukan Perawatan Kanker di Rumah dengan Perawatan Paliatif

3 min read

Hingga saat ini, kanker menjadi salah satu penyakit berbahaya yang sangat ditakuti. Karena umumnya jenis penyakit ini bisa membuat nyawa penderitanya tidak tertolong. Saat ada anggota keluarga atau teman yang mengalami kanker, pastinya kita ikut bersedih dengan kondisinya ini. Anda harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk menghadapinya. Jika Anda turut serta dalam merawatnya, maka sebaiknya perlu kesabaran dan penanganan yang baik.

Seseorang yang terkena kanker sejatinya tidak hanya merasa terganggu dari segi fisiknya saja. Namun tidak jarang juga terganggu kesehatan mentalnya karena merasa hancur dan tidak ada harapan untuk hidup. Mengalami stress berat hingga mudah emosi atau sensitif menjadi dampak lain yang ditimbulkan saat menderita kanker. Sebagai orang terdekatnya, maka Anda bisa memberikan dukungan agar pengobatan kanker terus berjalan dan semangat hidup pasien atau penderita tetap ada.

Pengobatan bagi penderita kanker sangat beragam, mulai dari operasi, kemoterapi, radioterapi, hingga perawatan paliatif. Untuk perawatan paliatif mungkin kurang familiar di kalangan masyarakat. Namun perlu diketahui jika perawatan paliatif sama pentingnya dengan perawatan lainnya untuk penyakit kanker. Perawatan paliatif merupakan jenis perawatan kepada pasien maupun keluarganya yang memiliki penyakit tidak dapat disembuhkan dengan cara meningkatkan kualitas hidup, membantu mengurangi gejala yang mengganggu, hingga memperhatikan dari aspek psikologis dan maupun spiritual pasien maupun keluarganya.

Selain untuk penderita kanker, perawatan paliatif biasanya juga bisa diberikan pada penderita penyakit serius dan kronis lainnya yang bisa mengancam keselamatan jiwa. Sebut saja seperti HIV AIDS, diabetes, stroke, penyakit jantung, penyakit paru-paru, hingga penyakit bawaan dari lahir. Perawatan paliatif bisa didapatkan pada rumah sakit tertentu, atau bisa juga memanggil jasa kesehatan untuk perawatan paliatif di rumah. Sehingga untuk pasien yang mengharapkan perawatan kanker di rumah, bisa menggunakan layanan perawatan paliatif yang bisa datang ke rumah.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan perawatan paliatif pada penderita kanker, yaitu:

1. Membantu mengatasi gangguan fisik.

Penderita kanker biasanya mengalami gangguan fisik, seperti nyeri, tidak nafsu makan, susah tidur, napas menjadi pendek, hingga rasa sakit pada perut. Dalam perawatan paliatif, nantinya akan ada spesialis yang memberikan konseling gizi, terapi fisik, hingga teknik bernapas agar tubuh lebih rileks.

2. Membantu mengatasi gangguan emosi dan sosial.

Seseorang yang menderita kanker umumnya akan merasa takut, marah, sedih, mudah emosi, serta depresi. Begitu juga keluarga dari pasien yang bersangkutan. Dalam perawatan paliatif, nantinya spesialis akan melakukan konseling, membuat diskusi dengan sesama pasien yang memiliki penyakit sama, serta melakukan pertemuan keluarga.

3. Membantu mengurangi masalah finansial akibat pengeluaran untuk biaya berobat kanker.

Tim perawat akan menjelaskan mengenai besaran biaya yang diperlukan untuk pengobatan sebelum perawatan dilakukan, serta memberikan konseling terkait keuangan.

4. Meringankan masalah spiritual dan menolong pasien menemukan kedamaiannya.

Untuk manfaat perawatan paliatif yang satu ini, biasanya akan melibatkan tokoh agama masing-masing yang dipercayai agar membantu terkait spiritual pasien.

Itu tadi beberapa manfaat dari perawatan paliatif yang bisa Anda ketahui. Jika Anda melakukan perawatan kanker di rumah untuk orang terdekat, maka bisa melakukan perawatan paliatif dengan mengundang tenaga kesehatan ke rumah. Aido Health memiliki layanan kesehatan untuk kebutuhan ini. Dengan teknologi dan inovasi dari Aido Health, layanan perawatan paliatif kanker bisa didapatkan hanya dengan 3 langkah mudah, yaitu memilih layanan perawatan paliatif yang dibutuhkan, memastikan lokasi yang dipilih sesuai tempat tinggal, dan yang terakhir melakukan pembayaran.

Menggunakan layanan perawatan paliatif kanker dari aplikasi Aido Health sangat direkomendasikan karena lebih mudah dan praktis. Anda hanya cukup beristirahat di rumah dengan nyaman dan menunggu tenaga kesehatan terlatih yang sudah ditunjuk. Selain itu, layanan kesehatannya sudah berkesinambungan dengan rekam medis pasien yang tercatat di rumah sakit ataupun klinik yang bersangkutan.