January 28, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Mengenal Apa Itu Doa Syafaat Dan Juga Kandungan Doa Didalamnya

3 min read

Di dalam kepercayaan kristiani terdapat doa wajib yang harus dibacakan setiap ibadah yakni adalah Doa Bapa Kami. Namun ternyata selain doa tersebut ada juga doa – doa lain yang bisa dipanjatkan setelah anda beribadah. Contohnya saja adalah doa syafaat yang bisa anda panjatkan setelah melaksanakan ibadah minggu atau persekutuan doa.

Biasanya dalam melaksanakan doa syafaat ini anda tidak mesti melakukannya bersama – sama. Anda bisa juga melakukannya secara pribadi tanpa adanya batasan waktu dan juga tempat dimana anda memanjatkan doa syafaat tersebut. Jadi memang tidak ada ketentuan ataupun peraturan khusus terkait untuk melakukan doa syafaat ini.

Lalu apakah sebenarnya doa syafaat itu ? Apakah sebagai umat kristiani yang taat anda sudah mengatahui makna dari melakukan doa syafaat tersebut. Doa syafaat sendiri memiliki artian sebagai doa yang dipanjatkan untuk lain. Jadi bisa dikatakan doa ini merupakan doa yang bisa diberikan uuk orang lain tanpa orang tresebut mengetahuinya.

Doa Syafaat juga dianggap sebagai doa untuk pergumulan dunia, dimana dengan melakukan doa syafaat tersebut maka kita sudah berusaha memohon pengasihan dari Tuhan atas segala yang terjadi di dunia ini. Karena kita sudah mendapatkan banyak sekali cinta kasih Tuhan, hendaklah kita juga memberikan cinta kasih kita lewat doa syafaat tersebut.

Lantas bagaimanakah isi dan juga cara penyampaian doa syafaat yang dianjurkan, berikut ini terdapat kumpulan doa syafaat yang bisa anda contoh saat ini ingin melakukan doa syafaat ini sendiri selepas ibadah. Biasanya untuk melaksanakan doa syafaat ini pertama – tama akan dimulai dengan doa pembuka, seperti berikut ini :

Bapa yang ada di Sorga. Kami mengucap syukur atas penyertaan dan berkat yang sudah Kau beri. Terima kasih juga kalau saat ini kami boleh berkumpul di tempat ini untuk memuji dan memuliakan nama-Mu. Sebentar kami akan menaikkan beberapa pokok doa untuk mereka yang penting dalam hidup kami.

(Panjatkanlah inti dari doa syafaat yang ingin anda sampaikan)

Terima kasih, ya Tuhan. Kami naikkan doa syafaat ini dalam nama Tuhan Yesus. Ampuni segala dosa dan kesalahan kami. Inilah seluruh rangkaian doa syafaat yang kami panjatkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus, yang sudah mengajarkan kami untuk berdoa:

Bapa kami yang di sorga,

Dikuduskanlah nama-Mu,

datanglah Kerajaan-Mu,

jadilah kehendak-Mu

di bumi seperti di sorga.

Berikanlah kami pada hari ini

makanan kami yang secukupnya

dan ampunilah kami akan kesalahan kami,

seperti kami juga mengampuni

orang yang bersalah kepada kami;

dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan,

tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat.

Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan

dan kuasa dan kemuliaan

sampai selama-lamanya. Amin.

Beberapa pokok dari syafaat yang bisa anda panjatkan antara lain bis disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi anda saat ini. Berikut ini terdapat contoh pokok doa syafaat yang bisa anda contoh :

  • Berdoa agar keadaan pandemic di dunia segera bisa hilang dan semua keadaan bisa kembali normal seperti sedia kala.
  • Berdoa agar seluruh umat beragama yang ada di Indonesia bisa selalu hidup rukun dan saling menghargai keimanan satu sama lain.
  • Berdoa untuk keselamatan dan kesuksesan semua anggota keluarga baik yang dekat maupun yang saat ini sedang jauh.
  • Berdoa agar kedepannya kondisi pemerintahan di Indonesia bisa semakin membaik.

Intinya doa syafaat yang dipanjatkan sebisa mungkin merupakan doa yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang diluar sana.