January 28, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Mengenal Tugas Dokter Spesialis Bayi Tabung

3 min read

Dokter spesialis yang biasanya menangani bayi tabung menurut dokter Aucky Hinting  merupakan dokter kandungan ahli fertilitas yaitu dokter yang khusus untuk menangani masalah kesuburan. Tidak hanya itu saja, dokter ahli dalam bidang fertilitas atau kesuburan, mereka juga bisa menangani permasalahan pada sistem reproduksi serta gangguan fungsi seksual, baik yang terjadi pada pria ataupun wanita. Dokter kandungan ahli fertilitas terbagi menjadi dua dokter spesialis, yaitu dokter spesialis andrologi (Sp.And) yang merupakan dokter kandungan khusus untuk menangani kasus gangguan kesuburan serta dokter spesialis kandungan subspesialis atau juga disebut dengan konsultan fertilitas (Sp.OG-KFER). Dokter spesialis andrologi atau androlog merupakan dokter spesialis yang khusus untuk menangani gangguan kesuburan serta berbagai masalah yang terjadi pada organ reproduksi pria.

Lain halnya dengan dokter spesialis kandungan yang bertugas untuk menangani penyakit atau gangguan yang ada pada organ reproduksi wanita dan juga berbagai permasalahan pada kehamilan serta persalinan. Biasanya, dokter kandungan subspesialis fertilitas dan juga dokter andrologi bekerja di rumah sakit dan juga di klinik fertilitas, yakni klinik yang khusus untuk menangani gangguan kesuburan atau juga yang biasa disebut dengan infertilitas. Lalu apa saja peran dari dokter spesialis tersebut? Untuk dokter andrologi sendiri, ia berperan dalam mendiagnosis serta menangani permasalahan yang terjadi pada sistem reproduksi pria, misalnya disfungsi seksual maupun infertilitas pada pria. Biasanya, infertilitas atau gangguan kesuburan pada pria bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Kelainan genetik dan gangguan hormon yang menyebabkan permasalahan pada jumlah, bentuk, serta fungsi dari sperma.
2. Gangguan ejakulasi, yaitu kondisi saat sperma tidak bisa keluar ke penis ketika ejakulasi.
3. Memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya penyakit menular seksual, diabetes, gangguan tiroid, dan sejenisnya.
4. Adanya cidera yang terjadi pada penis, saluran sperma, maupun testis
5. Karena efek samping obat-obatan tertentu yang pernah dikonsumsi sebelumnya, seperti antidepresan.
6. Memiliki gaya hidup yang kurang sehat, misalnya sering meminum alkohol, merokok, dan jarang berolahraga.

Biasanya, untuk bisa menentukan diagnosis infertilitas pada pria serta untuk mencari penyebabnya, dokter andrologi biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik serta beberapa pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang tersebut meliputi pemeriksaan sperma, pemeriksaan hormon, tes genetik, biopsi testis, serta USG testis. Sedangkan dokter spesialis kandungan, mereka tidak hanya bertugas untuk memeriksa serta mengatasi masalah pada kehamilan dan persalinan saja, dokter kandungan juga memiliki peran dalam menangani gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi wanita, salah satunya ialah masalah infertilitas. Dokter kandungan bisa memeriksa serta menangani masalah kesuburan yang terjadi pada wanita karena menagalami penyakit tertentu, misalnya:

1. Terjadi gangguan menstruasi
2. Ada masalah seksual, seperti berkurangnya hasrat seksual, merasa nyeri ketika berhubungan seksual, serta vagina yang kering.
3. Kelainan yang terjadi pada organ reproduksi wanita, seperti PCOS, radang panggul, penyakit menular seksual, serta kista ovarium.
4. Gangguan hormon
5. Mengidap kanker di organ reproduksi, seperti kanker serviks, kanker rahim, atau kanker ovarium

Tidak hanya itu saja, permasalahan kesuburan pada wanita juga dapat disebabkan oleh faktor usia, stres, efek samping dari obat-obatan tertentu, dan juga pola hidup yang tidak sehat. Kemudian, setelah penyebab dari gangguan kesuburan telah diketahui, biasanya dokter kandungan ahli fertilitas akan selalu menyarankan beberapa pilihan penanganan untuk dapat meningkatkan kesuburan serta peluang hamil, misalnya dengan menggunakan obat-obatan. Dokter ahli fertilitas bisa meresepkan obat-obatan yang harus dikonsumsi untuk bisamengatasi masalah kesuburan pada pria atau wanita yang memiliki gangguan kesuburan. Biaasanya, jika gangguan kesuburan terjadi pada sperma, dokter pun bisa meresepkan obat-obatan agar bisa meningkatkan jumlah serta kualitas sperma.

Kemudian, untuk dapat mengatasi masalah kesuburan wanita, dokter nantinya akan meresepkan obat-obatan guna melancarkan ovulasi serta menstruasi dan juga yang bisa meningkatkan kualitas dari sel telur. Namun, jika pengobatan dengan obat-obatan buatan tidak berhasil, maka dokter kandungan ahli fertilitas pun mungkin saja nantinya akan menyarankan progam bayi tabung pada pasangan yang tidak bisa hamil. Prosedur yang satu ini dilakukan dengan cara memilih serta mengambil sperma dan juga sel telur yang sehat dari pasangan suami istri yang kemudian digunakan untuk menghasilkan pembuahan yang terjadi di laboratorium. Maka, setelah pembuahan sudah berhasil dilakukan, embrio yang sudah terbentuk pun akan ditanamkan di dalam rahim sehingga kehamilan pun bisa terjadi.