January 28, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Seluk Beluk Fintech Berserta Definisinya

2 min read

Dampak dari perkembangan teknologi tentu saja telah merambah luas dan kian mempermudah berbagai aktivitas di dunia. Salah satu aktivitas yang dipermudahkan adalah aktivitas dalam transaksi keuangan yang dikenal dengan Fintech. Berikut ini adalah penjelasan tentang seluk beluk Fintech dan definisi dari produk perkembangan teknologi tersebut.

Definisi Fintech

Hal yang pertama kali perlu anda pahami sebelum memahami seluk beluknya adalah definisi dari fintech itu sendiri. Adapun yang dimaksud dengan fintech atau lebih dikenal degan financial technology adalah aktivitas keuangan yang menggunakan bantuan alat teknologi untuk mempermudah aktivitas tersebut.

Seluk Beluk Fintech

Fintech Indonesia telah banyak mengalami perkembangan, tetapi sebelum berkembang tentu saja penggunaan Fintech ini masih sangat jarang dilakukan. Salah satu fintech yang pertama kali tersohor di public dan banyak memiliki pengguna adalah T – cash atau dikenal dengan Telkomsel Cash.

Dari T – Cash tersebut banyak benefit yang diterima oleh pemegang akun fintech tersebut. Dimana, antaranya adalah kemudahan bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai terutama bagi anda yang kelupaan membawa uang tunai. Selain itu, dengan T – Cash banyak promo menarik yang ditawarkan seperti potongan pembayaran, voucher menarik, cashback, dan lain – lain.

Setelah kehadiran T – Cash tentunya makin banyak berlahiran berbagai fintech yang kiat mempermudah aktivitas pembayaran, pemodalan, dan aktivitas keuangan lainnya. Tentunya, seperti yang anda ketahui fintech – fintech lainnya yang sedang berkembang adalah:

1) Shopee Pay

Jenis fintech ini tidak perlu dipungkiri, sebab banyak memberikan benefit bagi penggunanya. Tidak hanya untuk membayar marketplace setempat, pembayaran di merchant online juga kiat dipermudah.

2) Go – Pay

Sama halnya dengan shopee pay, go – pay juga kiat mempermudah aktivitas keuangan yang tidak hanya digunakan pada placenya sendiri, melainkan merchant lain yang berkerja sama.

Berbagai penjelasan fintech di atas, mulai dari definisi, seluk beluk muasal fintech, fintech yang pertama kali cukup tersohor namanya di Indoensia dan jenis – jenis fintech yang sekarang sedang berkembang tentu menambah pemahaman anda seputar penggunaan fintech tersebut.