Semua tentang Salep Hidrokortison

Seringkali sulit untuk menemukan perawatan yang tepat untuk masalah kulit, tetapi dengan Salep Hidrokortison yang banyak dijual di apotek, Anda dapat mengatasi banyak masalah umum.

Salep Hidrokortison adalah antiinflamasi topikal yang mengurangi gatal, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Obat ini digunakan untuk mengobati eksim, dermatitis, gigitan dan sengatan serangga, kulit terbakar dan iritasi ringan lainnya pada kulit.

Bahan aktif dalam obat ini adalah Hidrokortison yang bekerja dengan mengurangi peradangan pada kontak. Ini juga membantu menyembuhkan jaringan yang rusak dengan cepat sehingga dapat kembali berfungsi normal lebih cepat. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki ruam yang mengganggu atau jenis masalah kulit lainnya, Anda dapat mengoleskan Salep Hidrokortison dan mengurangi iritasi dan kemerahan hanya dalam beberapa jam.

Salep Hidrokortison tersedia di apotek setempat dengan menggunakan resep dokter. Salep Hidrokortison tersedia dalam berbagai kekuatan, 1% dan 2,5% dalam tube yang berisi 5 gram. Dokter dan apoteker Anda akan merekomendasikan kekuatan yang tepat untuk Anda. Harga Salep Hidrokortison di apotik dengan merk generik jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan merk paten.

Ada beberapa hal yang harus Anda ingat saat menggunakan obat ini:

  • Hanya gunakan Salep Hidrokortison pada kulit, jangan pernah di sekitar atau di dalam mulut atau hidung, dan jangan pernah di mata.
  • Gunakan obat ini hanya untuk beberapa hari seperti yang diarahkan oleh dokter untuk mengobati masalah yang hilang dengan cepat. Jika tidak hilang sepenuhnya dalam waktu itu, hubungi dokter Anda.
  • Pastikan Anda dengan hati-hati mengikuti petunjuk pada resep atau label produk Anda dan jangan pernah menggunakan lebih dari yang diarahkan.
  • Jika Anda berhenti menggunakan Salep Hidrokortison selama beberapa hari, Anda mungkin merasakan gatal dan iritasi kembali. Anda dapat dengan aman menerapkan kembali obat ini untuk mengendalikan gejala-gejala ini dan melanjutkan pengobatan jika diperlukan.
  • Obat ini tidak boleh digunakan pada wajah atau bagian tubuh yang sensitif lainnya, terutama jika Anda memiliki kulit yang menipis.
  • Jika obat ini mengenai pakaian Anda, segera hentikan penggunaannya dan bersihkan pakaian dengan hati-hati sebelum digunakan kembali.

Kabar baiknya adalah ada sedikit efek samping yang perlu dikhawatirkan saat menggunakan salep Hidrokortison:

Efek samping biasanya ringan dan mungkin termasuk iritasi kulit seperti gatal, terbakar atau ruam di tempat obat dioleskan. Beberapa orang yang menggunakan produk ini melaporkan pembengkakan di wajah atau tenggorokan mereka, tetapi sangat jarang.

Obat ini belum dilaporkan memiliki interaksi obat yang serius dengan obat lain sehingga Anda dapat menggunakannya dengan aman di kulit Anda tanpa mengkhawatirkan obat lain Anda.