May 19, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Tidak Perlu Surat Keterangan Usaha Online Untuk Pengajuan Fintech OJK

2 min read

Kebutuhan-kebutuhan dengan biaya dalam jumlah besar seringnya tidak bisa dihindari. Pengajuan pinjaman pada bank atau fintech OJK umumnya menjadi pilihan untuk mengatasi masalah finansial yang wajib untuk ditutupi.

Mengingat pandemi yang sudah berjalan satu tahun lebih ini juga menjadi salah satu problematika bagi masyarakat. Kondisi menuntut mereka untuk bisa memutar otak, salah satunya adalah dengan membuka usaha tapi meminjam dana dari fintech P2P lending baik yang konvensional maupun syariah.

Tentunya tidak mudah untuk mengajukan pinjaman modal dalam jumlah yang terbilang besar. Karena ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi sebelumnya untuk bisa mengajukan pinjaman pada bank atau fintech.

Anda tentu penasaran bukan dengan syarat pengajuan pinjaman dana di fintech? Di bawah ini kami akan berikan informasinya untuk Anda.

Syarat Pengajuan Pinjaman di Fintech OJK

Fintech yang memiliki sifat fleksibel, market driven dan transparan diharapkan dapat mempermudah akses lembaga institusi keuangan bagi masyarakat. Dukungan pemerintah melalui OJK juga menunjukan kearah yang positif dengan terbitnya berbagai aturan dan peningkatan infrastruktur dalam operasionalnya.

Kemudahan dan keamanan tentunya sangat dibutuhkan masyarakat melakukan pinjaman cepat. Sementara perusahaan penyedia pembiayaan, memerlukan data dan profil calon nasabah yang lebih baik agar tepat sasaran untuk persetujuan.

Selain dokumen pribadi seperti kartu identitas, dokumen domisili, dokumen pekerjaan/penghasilan, hingga surat keterangan usaha online juga diperlukan untuk pengajuan pada fintech.

Selain itu usia nasabah haruslah berkisar 21-65 tahun atau sudah menikah. Persetujuan dari pasangan juga diperlukan saat melakukan pengajuan. Alasan pun tidak lain adalah untuk saling menjaga kepercayaan yang sudah menjadi syarat dan ketentuan pada fintech tersebut.

Tidak semua fintech juga yang memberikan persyaratan seperti ini. Khususnya dua tahun terakhir ini, nasabah hanya perlu mengupload foto kartu identitas dan swafoto. Syarat pengajuan semakin dipermudah supaya nasabah benar-benar memperoleh kemudahan.

Meski demikian Anda tetap harus waspada. Jangan lupa untuk mengajukan pinjaman hanya pada fintech OJK agar tetap dalam pengawasan dari lembaga yang khusus mengawasi fintech-fintech di Indonesia.