January 28, 2022

pulpen mu

media tulis aktual

Tips Memilih Jenis Kertas Untuk Cetak Buku

2 min read

Banyaknya pilihan jenis kertas untuk cetak buka yang disediakan oleh penyedia jasa cetak buku terpercaya terkadang memang membuat bingung akan memilih yang mana. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips memilih jenis kertas terbaik untuk cetak buku agar sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Jenis Kertas

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih jenis kertas agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sebagai jasa cetak buku terbaik, Cetak Buku Murah memberikan keleluasaan kepada setiap pelanggannya untuk memilih jenis kertas yang diinginkan.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Kebutuhan untuk mencetak buku novel tentu berbeda dengan buku anak-anak atau skripsi, termasuk dalam hal jenis kertas yang digunakan. Sehingga penting untuk mencari tahu referensi jenis kertas apa yang paling cocok untuk digunakan pada buku yang akan Anda cetak.

Contohnya seperti skripsi yang disarankan untuk menggunakan jenis kertas HVS 70 – 80 gsm, ukuran kuarto, laminasi glossy, dan hard cover. Sedangkan untuk buku novel lebih banyak disarankan untuk menggunakan soft cover, kertas book paper ukuran A5, dan laminasi perfect binding.

2. Pertimbangkan Merek

Setiap merek dari jenis kertas yang banyak beredar di pasaran biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar tidak salah pilih, maka Anda bisa mencari tahu testimoni dari merek yang pernah digunakan atau dipakai oleh pelanggan lain sebelumnya.

Cari tahu jenis kertas apa yang paling banyak review positif dibandingkan dengan negatifnya.

3. Sesuaikan Budget

Faktor lain yang tidak kalah penting dalam memilih jenis kertas yang akan digunakan untuk mencetak buku adalah budget atau anggaran. Setiap jenis kertas biasanya dibanderol dengan harga yang berbeda-beda tergantung dengan kualitasnya.

Di Cetak Buku Murah sendiri Anda bisa mencari tahu harga yang ditawarkan dengan mengakses situs resminya www.cetakbukumurah.com. Setelah mengecek harga yang tertera, maka pelanggan bisa memutusan akan menggunakan jenis kertas yang mana.

Tips memilih jenis kertas untuk cetak buku di atas bisa Anda coba terapkan saat akan mencetak dokumen atau naskah yang dibutuhkan.