Tips Memilih Obat untuk Asam Lambung yang Efektif dan Aman

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya penyakit asam lambung atau yang dikenal juga sebagai GERD termasuk kondisi yang banyak dialami oleh masyarakat. Umumnya mereka yang memiliki GERD ini sendiri bisa dengan mudah kambuh lagi jika dipicu oleh beberapa faktor, misalnya adalah pola makan yang kurang baik, hingga konsumsi beberapa jenis makanan yang tidak sehat. Sehingga harus berhati-hati, perubahan pola hidup pada dasarnya juga termasuk bagian yang penting dilakukan jika seandainya tak ingin penyakit tersebut kambuh lagi.

GERD ini sendiri dapat terjadi ketika katup atau sfingter yang ada pada esofagus atau kerongkongan bawah menjadi lemah. Dimana ketika seharusnya ia menutup dan mencegah agar isi lambung tidak sampai naik hingga kerongkongan justru tidak bekerja demikian.

Sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya hal ini akan membuat cairan asam dan juga isi perut naik, bahkan tak jarang juga sampai muntah. Mengingat cairan asam ini sendiri pada dasarnya keras, maka ia dapat mengiritasi apapun yang ada di sekitarnya, termasuk juga kerongkongan.

Anda bisa segera melakukan langkah pertolongan pertama diantaranya adalah dengan mengonsumsi obat untuk asam lambung, ada banyak sekali di apotek, bahkan beberapa diantaranya dapat dibeli tanpa resep dokter. Namun juga jangan sampai salah pilih, berikut ini diantaranya ada beberapa tipsnya bagi Anda sebelum membeli, yaitu:

  1. Belilah obat yang direkomendasikan dokter, Anda dapat membeli obat yang direkomendasikan oleh dokter jika sebelumnya sudah konsultasi atau melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini tentunya akan jauh lebih aman dibandingkan dengan asal membeli obat sembarangan, karena belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Pilihlah varian atau jenis yang menurut Anda mudah dikonsumsi, obat untuk GERD ini umumnya tersedia banyak jenis, mulai dari tablet kunyah sampai dengan yang bentuknya adalah cairan. Jika Anda merasa pemakaian dari tablet kunyah ini kurang praktis, sebagai solusinya bisa menggunakan jenis yang cair siap minum.
  3. Pilihlah yang sudah teruji oleh BPOM serta MUI, bagaimanapun pada dasarnya hal yang satu ini juga tidak kalah penting. Patut untuk diingat bahwa pada dasarnya regulasi dari produk obat-obatan serta makanan semuanya diawasi oleh BPOM apakah sudah terbukti aman ataukah tidak. Begitu juga dengan kandungan bahan yang ada didalamnya apakah halal ataukah tidak.
  4. Cek tanggal kadaluarsa, pastikan produk obat yang Anda gunakan tersebut memang masih layak pakai atau tidak melebihi masa atau tanggal kadaluarsanya, karena sudah pasti kurang aman digunakan ketika sudah kadaluarsa bukan. Mengingat kandungan bahan yang ada dalam obat tersebut juga sudah berubah menjadi zat yang berbahaya.
  5. Pastikan yang dikeluarkan oleh perusahaan atau merek terpercaya, ada banyak sekali diantara brand yang nyatanya mengeluarkan produk obat untuk mengatasi asam lambung ini. Namun untuk keamanan dan juga efektifitasnya pastikan yang sudah terpercaya dan banyak direkomendasikan oleh orang lain, seperti diantaranya adalah Promag.

Promag ini sudah sejak dulu mengeluarkan obat untuk penyakit asam lambung serta masalah pencernaan lain seperti diantaranya gejala maag maupun juga perut kembung. Produk dari Promag ini sendiri juga hadir dalam berbagai varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Bahkan diantaranya juga ada yang terbuat dari bahan herbal yang diramu dengan bahan-bahan alami, sehingga lebih aman digunakan, yaitu dari Promag Gazero Herbal. Mudah untuk dijumpai di pasaran.

Semoga tips untuk memilih obat yang bagus untuk mengobati penyakit asam lambung di atas bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih karena sudah membaca sampai selesai, saya akhiri sampai disini dulu artikelnya dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.